Pembina dan siswa
lagi acting di Pantai Parangtritis
|
Para Pembimbing
Tour lagi berpose di areal Museum TNI Dirgantara Mandala Yogyakarta
|
Maulid Nabi Muhammad SAW bersama Bp. Drs. H.
Darmani, MA dari BDK Subabaya
Peserta lomba kaligrafi lagi beraksi
Dengan alat
tulis masing-masing
|
Para siswa lagi
mengikuti Pak Warto di areal Candi Borobudur
|
Bapak Kepala Sekolah saat membuka Diklat
Jurnalistik dan Orientasi PMR
Beginilah aksi CEWEK2 smpn siman di BAWAH pesawat
yang lagi mendarat
Dewan Juri Pidato Bhs Inggris lagi mengerahkan
konsentrasi tuk menilai
|
SMP NEGERI 1 KECAMATAN SIMAN
|
Ivan
Sulistyo (9B) dan Ragil Andi W (9F)
Juara
2 dan 3 SAC IPS MAN 2 Ponorogo
|
Kurikulum
2013,
Manfaat
Sampah bagi Kehidupan
Maulid
Nabi Bersama Drs. H. Darmani, MA
EDISI 22/TH. VI/2013
MEDIA INOVASI, KREASI, DAN INFORMASI
Drs. Hadi Suminto,M.Pd
(Kepala SMP N 1 Kec. Siman)
Pemimpin Redaksi:
Tiyah
Suciati, M.Pd
Dewan Redaksi:
Drs. Muryadi,
M.Pd
Purwaningsih,
S.Pd
Tricahyani
Kw, S.Pd
Ari Rahmadewi,
S.Pd
OSIS
Sekretaris Redaksi:
Aini Juwaroh,
S. Ag
Keuangan:
Eva Vaulia,
S.Pd
Desain / Lay Out:
Tim Iqro’
Distribusi
:
Ketua Kelas
Alamat Redaksi:
SMP Negeri 1 Kec. Siman,
Jl. Raya Siman
Kec.Siman
Kab. Ponorogo
Telp. (0352) 483 398
Email:
|
DAFTAR
ISI
Karakter Siswa dan
Budaya Malu
LENTERA
Adab bergaul dengan lawan
jenis (Erliana 8B)…
REPORTASE
Diklat Jurnalistik (Hanis Ramadhani / 9A)
Pelantikan DG (Ismail
Romadlon 9C
Maulud Nabi (Mei
Malinda/8B)
Studytour ( Intan R/8F)
OPINI
Anugerah terindah………………..
Kurikulum
2013………………………………….
ARTIKEL
Sampah dan manfaatnya (Mei
Melinda 8F)…………
KOLOM BK
Hasil Psikotes (Drs. M. Maksum)..................
IPTEK
Kenapa kukumu yang tumbuh? (Giana NU)
CERPEN
Kelas 9C yang Selalu (Ema
D, 9C)…………
Cintaku Tak Direstui Ibu
(Nado 7F)
Puisi dan Pantun
Kawan (Ismail R 9C)…………………………
Dian
P 7F……………………………………………………………….
Kristiana Wulantika 7G……………………………………..
TTS
TTS Ria ( Suwarto, S.Pd)………………………
17
ENGLISH CORNER
Assalamu ‘alaikum (Tricahyani
KW, S.Pd)...........
19
PROFIL & FIGUR :
Temanku………………………………………
Kepala Sekolahku…………………………… 21
|
||
KARAKTER SISWA
SMPN 1 KEC. SIMAN
PONOROGO
---------------------
1. RELIGIUS
2.
JUJUR
3.
TOLERANSI
4.
DISIPLIN
5.
KERJA KERAS
6.
KREATIF
7.
MANDIRI
8.
DEMOKRATIS
9.
RASA INGIN TAHU
10.
SEMANGAT
KEBANGSAAN
11.
CINTA TANAH AIR
12. MENGHARGAI
PRESTASI
13. BERSAHABAT/KOMUNIKATIF
14. CINTA
DAMAI
15. GEMAR
MEMBACA
16. PEDULI
LINGKUNGAN
17. PEDULI SOSIAL
18. TANGGUNG JAWAB
|
SEPULUH BUDAYA MALU
SISWA SMPN
1 KEC. SIMAN
PONOROGO
-------------------------------------------
1. Malu terlambat sekolah
2. Malu
tidak belajar
3. Malu tidak senyum, salam, sapa, sopan, santun (5S) 4. Malu membolos sekolah 5. Malu jam belajar keluar kelas
tanpa izin
6. Malu tidak piket kelas 7. Malu berbohong dan berdusta 8. Malu menyontek 9. Malu bercanda dan berkelahi
10. Malu membuang
sampah sembarangan
Mr. Moer
|
||
SALAM REDAKSI
Assalamu
‘alaikum wr. Wb
Dengan bertabur syukur kehadirat Alloh SWT, yang telah memberikan hidayah
serta rahmadNya sehingga Buletin Iqro, bisa hadir di hadapan pembaca semuanya.
Dalam edisi kali ini banyak moment-moment penting yang yang tertoreh,
diantaranya Study Tour, Diklat Jurnalistik, Pelantikan PMR, Pelantikan Dewan
Galang.
Semoga pergantian kepala sekolah bisa membias kesegaran serta meningkatkan
kwalitas SMPN I Siman khususnya dan di mata masyarakat pada umumnya.
Momen-momen kesiswaan mudah-mudahan dapat lebih meningkatkan serta
mengembangkan bakat para siswa menjadi pribadi-pribadi yang percaya diri untuk
menyongsong masa depan menjadi generasi penerus bangsa.
Wahana Lentera diharapkan menjadi perenungan kita sehingga bak lentera yang
bisa meyinari dan meyirami jiwa pembaca sehingga lebih mendekatkan diri pada
Alloh SWT.
Kami selaku redaksi mohon maaf kepada penulis yang naskahnya belum bisa
terbit pada edisi ini, mudah-mudahan pada edisii mendatang bisa terbit.
Akhirul Kalam,
selamat membaca.
Wassalamu
’alaikum.Wr.Wb.
(Miss Suci)
Iqro’
1
Erliana Tri Susanti
VIII B
ADAB BERGAUL
DENGAN LAWAN JENIS
Dilahirkan
sebagai seorang wanita adalah anugerah yang sangat indah dari Alloh Ta’ala.
Sebuah anugerah yang tidak dimiliki oleh seorang pria. Terlebih anugerah itu
bertambah menjadi muslimah yang mukminah yaitu wanita muslimah yang beriman
kepada Allah.
Menjadi
wanita muslimah yang beriman kepada Allah tentu tidak mudah , karena banyak
sekali godaan-godaan dalam mencapainya. Dikarenakan balasan yang Allah janjikan
pun tidak terbandingkan dan semua wanitapun menginginkannya. Godaan-godaan
untuk menjadi wanita sholihah sering kali datang dan menggebu-gebu saat kita
menginjak usia remaja, dimana masa pubertas seorang wanita ada di masa ini.
Bukan hal yang mudah pula bagi remaja muslim dalam melewati masa ini, namun
sungguh sangat indah bagi para remaja yang bisa dikatakan lulus dalam melewati
masa pubertas yang penuh godaan ini.
Salah satu
godaan yang amat besar pada usia remaja adalah “rasa ketertarikan terhadap
lawan jenis”. Memang, rasa tertarik terhadap lawan jenis adalah fitrah manusia,
baik wanita atau lelaki.Namun kalau kita tidak bisa memenej perasaan tersebut
maka akan menjadi mala petaka yang amat besar, baik untuk diri sendiri ataupun
untuk orang yang kita sukai. Sudah Allah tunjukkan dalam hadits Rasulullah
sallallahu ‘alaihi wasallam.
Sebagai
wanita muslimah kita harus yakin bahwa kehormatan kita harus dijaga dan
dirawat, terlebih ketika berkomunikasi atau bergaul dengan lawan jenis agar
tidak ada mudhorot (bahaya) atau bahkan fitnah. Dibawah ini akan kami ungkapkan
adab-adab bergaul dengan lawan jenis. Diantaranya:
Pertama : Dilarang untuk berkholwat 9berdua-duaan)
TTM ( Teman
tapi mesra, kemana-mana bareng, ke kantin bareng, berangkat sekolah bareng,
pulang sekolah bareng. Hal ini merupakan gambaran remaja umumnya saat ini,
dimana batas-batas pergaulan di sekolah umum sudah sangat tidak wajar dan
melanggar prinsip islam. Namun tidak mengapa kita sekolah di sekolah umum jika
tetap bisa menjaga adab-adab bergaul dengan lawan jenis. Jika ada seorang
laki-laki berduaan denga seorang perempuan maka yang ketiga sebagai
pendampingnya adalah setan.
Daripada setan yang menemani kita lebih baik malaikat
bukan ? Ngaji, membaca Al Qur’an dan memahami artinya serta menuntut ilmu
agama. Insya Allah malaikatlah yang akan mendampingi kita. Tentu sebagai wanita
yang cerdas, kita akan lebih memilih untuk didampingi oleh malaikat.
Kedua : menundukkan Pandangan.
Pandangan
laki-laki terhadap perempuan atau sebaliknya adalah termasuk panah-panah
setan.Kalau Cuma sekilas saja atau spontanitas atau tidak sengaja maka tidak
menjadi masalah pandangan mata tersebut. Pandangan pertama yang tidak sengaja
diperbolehkan namun selanjutnya adalah haram. Ketiak melihat lawan jenis, maka
cepatlah kita tundukkan pandangan itu, sebelum iblis memasuki atau mempengaruhi
pikiran dan hati kita. Segera mohon pertolongan kepada Allah agar kita tidak mengulangi
pandangan itu.
Ketiga : Jaga aurat terhadap lawan jenis
Jagalah
aurat kita dari pandangan laki-laki yang bukan mahramnya. Maksudnya mahram
disini adalah laki-laki yang haram untuk menikahi kita. Yang tidak termasuk
mahram seperti teman sekolah , teman bermain, teman pena bahkan teman dekat pun
kalau dia bukan mahram kita, maka kita wajib menutup aurat kita dengan
sempurna. Maksud sempurna disini yaitu kita menggunakan jilbab yang menjuliur
ke seluruh tubuh kita dan menutup dada. Kain yang dumaksud pun adalah kain yang
disyariatkan, misalnya kain tidak boleh tipis, tidak boleh sempit, dan tidak
membentuk lekuk tubuh kita. Adapun yang bukan termasuk aurat dari seorang
wanita adalah kedua telapak tangan dan muka atau wajah.
Iqro’
3
R E P O R T A S E
“WOW”nya Diklat Jurnalistik
Oleh : Hanis
Ramadhani IX A
Terik sang surya membakar kulit saat sang surya berada
diatas kepala kita dengan gagahnya. Siang itu…… Tanggal 2 Pebruari 2013
terlihat calon-calon wartawan wartawati , jurnalistik terkenal dan Reporter
handal mulai datang memasuki
gerbang sekolah, yang terbuka lebar untuk mereka-mereka reporter handal. Pada
pembukaan diklat jurnalistik Kepala Sekolah memberikan sambutan berharga dan
menjadi motivasi kita semua.
Selanjutnya
materi tentang penulisan sastra oleh ibu Yuniatus Sholikhah, S.pd tidak
ketinggalan para peserta diklat diberi snack yang lumayan buat ganjal perut
yang sudah sedari tadi keroncongan. Snack pun langsung disantap oleh calon
reporter handal “ kayaknya enak”.
Peserta Diklat Jurnalistik
lagi mengikuti materi.
Ibu guru kita yang sangat
cantik itulah menjelaskan dengan semangat 45.Para peserta mendengarkan dengan
seksama dan mulai berkutat untuk membuat puisi dan cerpen dengan apik dan
Wow.Selanjutnya tibalah saatnya para peserta diklat pulang ke rumah
masing-masing dibawah guyuran air hujan yang sangat deras.
Esok harinya sang surya
telah menyambut para peserta calon jurnalistik yang handal. handal dari balik gunung di
sebelah timur. Embun yang menempel pada rumput-rumput, angin yang bertiup
sepoi-sepoi juga ikut menyambut para calon reporter handal SMP Negeri 1
kecamatan Siman. Para calon Reporter handal , satu persatu dating dengan
cantik-cantik dan tampan-tampan.
Iqro’
4
Peserta Diklat Jurnalistik berpose sejenak
sebelum Outbond.
Kegiatan
pertama hari itu adalah Out Bond yang dipimpin oleh Bapak Drs.Muryadi,
M.Pd. Beberapa perlombaan diadakan, dan
yang menang mendapat hadiah uang Rp. 5000,-. Lumayan, buat menghapus lelah dan
keringat yang bercucuran dengan segelas aqua dingin. Materi selanjutnya adalah
“Artikel” yang disampaikan oleh Ibu Elly Susiana, M.Pd. Dengan “Wow”nya bu Elly
menyampaikan materi. Setelah itu para calan reporter handal membuat artikel
dengan tema yang berbeda, hasilnya “WOW”.
Bu Elly Susiana,M.Pd selesai menyampaikan materi, saatnya
berganti materi yaitu “MADING” yang disampaikan oleh Ibu Purwaningsih, S.Pd.
Dengan seksama para calon Reporter handal memperhatikan materi-materi yang
disampaikan oleh ibu Purwaningsih, S.Pd dan disini calon Reporter handal membuat
karya-karya yang kreatif, mungkin ada yang gambaran, motivasi dan lain-lain.
Materi dari Ibu Purwaningsih yang kece badai, dilanjutkan
oleh Bapak Drs. M. Maksum yang terlihat tampan dan gagah menenteng tas
ranselnya. Beliau memberikan materi tentang REPORTASE. Calon Reporter –
Reporter handal dituntut membuat reportase di sekitar sekolah
Setelah
materi dari Bapak Maksum yang tampan dan gagah itu, para calon Reporter handal
diberi tanggung jawab untuk membersihkan lingkungan sekolah. Dengan sigap para
calon Reporter handal langsung bertugas membersihkan lingkungan sekolah. Peduli
lingkungan pun selesai, saatnya buat “ Say good bye” untuk bapak / Ibu guru
yang telah memberikan materi.
PELANTIKAN DEWAN GALANG
Oleh : Ismail Romadhon
9C
Sinar sang
surya telah Nampak, menyapa warga SMPN 1 Siman. Hembusan sang bayu yang menusuk
pori-pori kulit, lambaian dedaunan di terpa semilir angin. Hari ini nampak
bebeda sekali, lapangan basket yang tadinya sepi pukul 06.30 tampak ramai
sihiasi para calon Dewan Galang yang baru.
Yapz betul…
Minggu 27 Januari 2013 merupakan hari yang mungkin tak bias terlupakan oleh
mereka, para calon DG. Bagaimana tidak, pada hari itu mereka akan dilantik
untuk menggantikan DG lama yang masa jabatannya sudah hamper habis. Tidak
main-main, kegiatan ini akan berlangsung di Air Terjun Grape, Madiun. Kegiatan
ini akan diikuti oleh seluruh calon DG, Dewan Galang kelas IX dan para Pembina
pramuka SMPN 1 Siman.
Tepat pukul
07.00, semua telah berkumpul di markas besar kami, SMPN 1 Siman. Dengan cekatan
seluruh peserta segera naik ke atas truk. Di atas truk telah tersedia kantong
plastic, minyak kayu putih, dan berbagai cemilan. (maklum, jalannya berkelok-kelok
dan memakan waktu tidak sedikit)
Sekitar
pukul 09.00 akhirnya kami sampai di tempat tujuan dengan selamat. Selama kurang
lebih 15 menit kamipun beristirahat di bawah rindangnya pohon rambutan.
(eeiits, ada yang ngambil rambutan tuh !!!)
Selanjutnya
para peserta berbaris rapi sesuai dengan regu yang telah ditentukan panitia.
Sebentar lagi, mereka akan mengikuti acara yang cukup menantang, yakni
penjelajahan yang rutenya telah dibagi menjadi 5 pos. di setiap pos, tiap regu
harus berhenti untuk menerima tugas dan mengerjakannya. Sebelum berangkat
mereka di beri pengarahan oleh Pembina dan harus menjawab soal-soal yang telah
diberikan. Regu yang bias menjawab bias berangkat duluan. Setelah beberapa
menit, satu persatu regu berangkat.
Kali ini
mereka harus melewati jarak yang kurang lebih sejauh 5 km dengan berjalan kaki
dan juga melewati hutan, sawah dan sungai. Mereka harus cermat-cermat
memperhatikan petunjuk perjalanan. Bila terjadi sedikitpun kesalahan akan
menjadi resiko. Di beberapa titik, mereka harus berhati-hati karena memiliki
dataran yang sangat curam.
Pos demi
pos telah terlampaui, begitu juga dengan sandi dan soal-soal yang telah
diberikan. Setelah kurang lebih 3 jam, semua regu telah sampai di pos terakhir
yakni di air terjun. Sungguh tidak sia-sia perjalanan yang telah mereka lalui,
ketika melihat betapa indahnya pemandangan sekitar.
Seusai
makan siang, semua peserta segera berganti pakaian menggunakan seragam pramuka
lengkap namun tanpa sepatu. (Lhoh…kok gak pake sepatu ?!!) kenapa kok nggak
pake sepatu ? karena mereka akan mengikuti acara inti yaitu upacara penyerahan
jabatan yang dilaksanakan di dalam sungai. Memang upacara ini telah dirancang
oleh panitia. Dengan khidmatnya para peserta mengikuti upacara tersebut.
Setelah kakak Pembina mengucapkan “Dengan ini, jabatan Dewan Galang berpindah
tangan ke Dewan Galang baru periode 2013/2014”, riuhan tepuk tangan pun tak
henti bergemuruh. (prok..prok..selamaat yhaa)
Setelah
upacara, kami semua bersenang-senang bermain air dengan sepuasnya. Tak lupa
juga kami semua berfoto-foto di tempat tersebut sebagai kenang-kenangan. Tak
terasa waktu sudah menunjukkan pukul 15.00. itu tandanya kami semua harus
pulang ke kota tercinta, Ponorogo. Meskipun berat untuk meninggalkan tempat
yang indah itu. Kami pun sampai di SMPN 1 Siman sekitar pukul 16.30. Kami pun
segera pulang ke rumah masing-masing.
Iqro’ 7
SUASANA
MAULID NABI
Oleh: Mei malinda
VIII F
Pagi yang cerah saat matahari berada
di sebelah timur tampak malu-malu menampakkan dirinya.
Pada tanggal 26,Januari 2013 akan maulid Nabi
dan berbagai lomba Tampak terdengar suara seretan sepatu murid-murid dengan di
aba-aba oleh Guru untuk menuju teras mendengarkan ceramah dari Drs.H. DARMANI.MA
Sejuknya
pagi hari ini dengan kicauan burung-burung yang merdu di tambah lantunan ayat
suci yang di bacakan dengan syahdu, juga syair-syair yang di lantunkan oleh
Bapak Drs. H Darmani, MA. Dari Balai
Diklat Keagamaan Surabaya. Di tambah hadiah yg di sediakan oleh beliau untuk
siapa saja yang berani maju dan menjawab pertanyaan yg beliau berikan. Hingga
terasa lengkap Maulid Nabi pagi hari itu.
Keceriaan yang terdengar dari para
murid yang mendapatkan hadiah dari beliau.
|
Setelah sekitar satu setengah jam Bapak
Drs. H Darmani, MA berceramah kami pun bubar. Suara gaduh yang terdengar saat
para murid bubar untuk menuju ruang masing-masing bertempur dengan peserta
lainnya dan membela kelasnya masing-masing.
Begitu juga suara penggumuman dari
Pak Mahpur yang memberitahukan ruang-ruang untuk lomba-lomba tersebut.
Terdengar tepuk tangan yang tak biasa dari
peserta lomba siang itu, panas yang menembus tiap jendela kelas
menambah semangat para peserta.
|
INDAHNYA STUDY TOUR
Intan R.(8F)
Yuuuuppp..
Pukul 09.30 rombongan SMPN 1 Siman sampai juga ditujuan pertama yaitu :Candi
Borobudur, Disana kita dibina dan dikasih informasi tentang candi tersebut.
Waaahh Disana bukanya wawancara/melihat” tapi malah keasyikan berfoto-foto
sama tourist[yaa begitu lah siswa smpn 1 siman hehe]. Yaaahh tak terasa waktu
menunjukkan sudah siang. Waktunya kita makan-makan ~yuupp enaknya….~ .
Setelah
makan-makan kita melanjutkkan wisata kedua yaitu :Museum TNI-AU DIRGANTARA,
Di Museum kita dapat melihat pesawat, Lambang TNI-AU dan patung sesuai
angkatan masing-masing.
|
|
||
TAMU TAK DI UNDANG
OLEH : EKA WILAM
9A
Mentari pagi
telah bersinar di ufuk timur menandakan waktu pagi .Semilir angin pun masih
terasa dinggin .
Tapi
pagi tgl 15 februari 2013 ini terasa aneh setiap anak yang baru datang masuk
ke gerbang langsung berteriak yaaaa ampunnnnn.Apakah yang telah terjadi pada
SMP 1 SIMAN ??????yapzz betul sekali ,semua terlihat kotor oleh lumpur
(endut).Karena eh karena SMPN 1 SIMAN KEBANJIRAN dan
membawa sampah dan lumpur ( endut). Yang membuat lapangan basket , parkiran
guru , pakiran murid, aula , lapangan belakang semua kotor.Karena ruang kelas
jadi ikut kotor ,pelajaran jadi
terganggu .Bapak ibu guru menyarankan untuk membersihkan kelas dan aula
terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai. Anak laki – laki melinting celana
nya keatas (melinting kayak rokok ajah ). Karena sepatu juga kotor semua
siswa terpaksa melepas
OPINI:
ANUGRAH
TERINDAH
Anak
adalah buah hati, permata hati atau permata jiwa atau apapun itu sebagai ungkapan
rasa sayang. Banyak keluarga atau rumah tangga yang merasa belum lengkap jika
belum punya anak. Semua orang pasti sependapat bahwa anak berperan penting
dalam keluarga, karena merekalah yang merupakan pewaris keturunan yang akan
melanjutkan tongkat estafet kehidupan dalam keluarga.
Ketika mereka belum lahir (dalam
kandungan) selalu didoakan, selalu diberi makanan yang bergizi. Ketika mereka
masih kecil, kita merawat dengan hati-hati, dengan sabar penuh kasih sayang.
Dan bila kita sudah tua renta kalau kita bisa berharap mereka yang ganti
merawat kita.
Kita sadari atau tidak , generasi
anak sekarang lebih canggih dari generasi orang tuanya. Dulu pada waktu orang
tuanya duduk di bangku sekolah dasar , sekitar 30 tahun yang lalu, pelajaran
Matematika hanyalah penambahan dan pengurangan. Sekarang pelajaran matematika
jaaauuuh berbeda.
Anak-anak sekarang tidak ada lagi
yang membuat mainan sendiri seperti jaman dulu, mobil-mobilan dari tanah
liat, kereta dari kulit jeruk, kuda-kudaan dari pelepah pisang………………. Yaaah
semua itu tanpa biaya. Anak-anak sekarang lebih menyukai mainan yang sudah
jadi, ….. yang siap pakai dan canggih.
|
sepatunya (alias nyekerrrr). Nggak cuma siswa
beberapa guru pun juga ikut nyeker (hehehehe terasa kembali ke tahun 90,an).
Beberapa murid dan karyawan TU jadi alih profesi sementara jadi tukang pel .hehehehe
Yang paling parah yaaaa 9a karena 9a letaknya paling
barat sendiri dan tempat pertama kali siswa kelas 7 , 8 ,9 menginjakan kakinya untuk menuju kelas
masing - masing“jan koyo batik solo”.beberapa guru di bantu anak kelas 9a
membuat jalan dari kardus biar lantai yang sudah dipel nggak kotor lagi
(mirip ala – ala sinderella pakai karpet merah gitu deh)hehehe
Ini semua gara – gara lumpur (endut) si tamu tak di undang yang membuat kacau pelajaran hari ini …
End
tentu
saja semiua itu meniru apa saja
Tapi walau bagaimanapun, kapanpun ,
dimanapun anak-anak tetap anak-anak. Daya imajinasi anak sekarang cukup
tinggi , kreatif dan berani. Yang yang pernah mereka lihat dan rasakan.
Banyak anak yang terlihat biasa-biasa sajaketika dekat dengan orang tua, tapi
bertingkah tidak biasaketika jauh dari pengamatan orang tua.
Anak mempunyai daya rekam yang
tinggi, ketika melihat gerakan naruto atau superman, dia akan mudah
menirunya. Nah, alangkah baiknya jika mereka itu kita arahkan ke hal-hal yang
positif.
Ketiak anak-anak sudah
dituntut untuk membagi waktu dengan
berbagai macam les dan kegiatan lain, mereka jangan lupa untuk tetap membaca
Al Qur’an.
Mbah nuur
( dari telaga jiwa edisi 01)
|
||
KURIKULUM
2013
Oleh: Drs. Muryadi, M.Pd
A.
Struktur Kurukulum
1. TIK
menjadi media semua matapelajaran
2. Pengembangan
diri terintegrasi pada setiap matapelajaran dan ekstrakurikuler
3. Jumlah
matapelajaran dari 12 menjadi 10
4. Jumlah
jam bertambah 6 JP/minggu akibat perubahan pendekatan pembelajaran
|
Segala sesuatu yang ada
senantiasa mengalami perubahan. Diri kita berubah dari balita, anak, remaja
dewasa lalu tua. Waktu berubah dari pagi, siang lalu malam. Zaman berubah dari
pra sejarah, sejarah dan moderen. Sehingga ada ungkapan segala sesuatu itu tidak
ada yang kekal, yang kekal ya perubahan itu sendiri. Begitu juga dengan
kurukulum juga selalu mengalami perubahan dari
kurikulum 1947, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004 dan yang sedang dipersiapkan adalah kurikulum
2013. Adapun beberapa komponen perubahan kurikulum 2013 untuk SMP adalah sebagai berikut:
No
|
Komponen Rancangan
|
1
|
Sama dengan SD, akan disusun berdasarkan
kompetensi yang harus dimiliki peserta didik SMP dalam ranah sikap,
keterampilan, dan pengetahuan
|
2
|
Menggunakan mata pelajaran sebagai sumber
kompetensi dan substansi pelajaran
|
3
|
Menggunakan pendekatan sains dalam proses
pembelajaran [mengamati, menanya, menalar, mencoba, mengolah, menyajikan,
menyimpulkan, mencipta] semua mata pelajaran
|
4
|
Meminimumkan jumlah mata pelajaran
dengan hasil dari 12 dapat dikurangai menjadi 10 melalui pengintegrasian
beberapa mata pelajaran:
-TIK menjadi sarana pembelajaran
pada semua mata pelajaran, tidak berdiri sendiri
-Muatan lokal menjadi materi
pembahasan Seni Budaya dan Prakarya
-Mata pelajaran Pengembangan Diri
diintegrasikan ke semua mata pelajaran
|
5
|
IPA dan IPS dikembangkan sebagai
mata pelajaran integrative science dan
integrative social studies, bukan sebagai pendidikan disiplin ilmu. Keduanya
sebagai pendidikan berorientasi
aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir,
kemampuan belajar, rasa ingin tahu,
dan pembangunan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sosial
dan alam.
|
6
|
Bahasa Inggris diajarkan untuk
membentuk keterampilan berbahasa
|
7
|
Menambah 6 jam pelajaran per minggu
sebagai akibat dari perubahan pendekatan proses pembelajaran dan proses
penilaian
|
NO
|
Tingkat Intelegensi
|
Frekwensi
|
Prosentase
|
1.
|
Superior ( diatas 120)
|
2
|
1,2
|
2.
|
Diatas rata-rata( 110-119
)
|
86
|
50,6
|
3.
|
Rata- rata ( 90 – 109)
|
79
|
46,5
|
4.
|
Lambat belajar ( dibawah
80 )
|
3
|
1,8
|
|
Jumlah
|
170
|
100
|
Usulan
Struktur Kurikulum Baru
MATA PELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
|||
KELOMPOK A
|
VII
|
VIII
|
IX
|
|
1
|
Pendidikan Agama
|
2
|
2
|
2
|
2
|
Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan
|
3
|
3
|
3
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
6
|
6
|
6
|
4
|
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
5
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
5
|
5
|
5
|
6
|
Ilmu Pengetahuan
Sosial
|
4
|
4
|
4
|
7
|
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
KELOMPOK B
|
|
|
|
|
1
|
Seni Budaya (termasuk muatan lokal)
|
3
|
3
|
3
|
2
|
Pendidikan Jasmani,
Olah Raga, dan Kesehatan
(termasuk muatan lokal)
|
3
|
3
|
3
|
3
|
Prakarya (termasuk muatan lokal)
|
3
|
3
|
3
|
|
Jumlah Alokasi Waktu
Per Minggu
|
38
|
38
|
38
|
|
Kolom
BK: HASIL PSIKOTES
Oleh : M.
Maksum
Diakhir tahun 2012, tapatnya tanggal 17 Desember
2012 seluruh siswa kelas VII mengikuti serangkaian tes psikologi. Tes psikologi
dilaksanakan untuk mengetahui potensi yang dimimiliki siswa, meliputi : tingkat
intelegensi ; kecepatan, ketelitian dan klerical; kemampuan mekanik; kemampuan
numerik; kemampuan verbal; kemampuan
relasi ruang; kemampuan penalaran; kemampuan sholastik; kecenderungan minat;
dan kecenderungan kepribadian.
Pelaksanaan tes dilakukan oleh pihak
ahli psikologi, dalam hal ini sekolah bekerja sama dengan lembaga tes yaitu :
PT. Soma Putra Indotama dari Madiun. Selama kurang lebih 4 jam sejumlah 170
siswa kelas VII diberikan menu tes berbeda, beda secara marathon tanpa ada
waktu jeda.
Berdasarkan hasil tes dikatahui
potensi psikologis 170 siswa kelas VII sebagai berikut : Pertama, tingkat
intelegensi sebagai berikut:
Kedua
; Kecepatan, ketelitian dan klerikal adalah kemampuan untuk mengukur respon
terhdap tugas yang menyangkut kecepatan dan ketelitian.
NO
|
Tingkat kecepatan,
ketelitian dan klerikal
|
Frekwensi
|
Prosentase
|
1.
|
Tinggi
|
15
|
8,8
|
2.
|
Sedang
|
106
|
62,4
|
3.
|
Rendah)
|
49
|
28,8
|
|
Jumlah
|
170
|
100
|
Ketiga; Kemampuan Mekanik adalah kemampuan untuk
mengukur daya penalaran dibidang mekanik.
NO
|
Tingkat Kemampuan Mekanik
|
Frekwensi
|
Prosentase
|
1.
|
Tinggi
|
27
|
15.9
|
2.
|
Sedang
|
89
|
52,4
|
3.
|
Rendah)
|
54
|
31,8
|
|
Jumlah
|
170
|
100
|
Keempat;
kemampuan Verbal adalah kemampuan yang mengukur kemampuan berfikir abstrak,
generalisasi konstruktif dalam memahami konsep secara verbal.
NO
|
Tingkat Kemampuan Verbal
|
Frekwensi
|
Prosentase
|
1.
|
Tinggi
|
30
|
17.6
|
2.
|
Sedang
|
83
|
48,8
|
3.
|
Rendah)
|
57
|
33,5
|
|
Jumlah
|
170
|
100
|
Kelima, Kemampuan Numerik adalah kemampuan yang
mngukur kemampuan berfikir dengan angka, penguasaan hubungan numerik.
NO
|
Tingkat Kemampuan Numerik
|
Frekwensi
|
Prosentase
|
1.
|
Tinggi
|
12
|
7,1
|
2.
|
Sedang
|
92
|
54,1
|
3.
|
Rendah)
|
66
|
38,8
|
|
Jumlah
|
170
|
100
|
Keenam;
Kemampuan relasi ruang adalah kemampuan yang mengukur visualisasi terhadap
obyek 3 dimensi.
NO
|
Tingkat Kemampuan relasi
ruang
|
Frekwensi
|
Prosentase
|
1.
|
Tinggi
|
22
|
12,9
|
2.
|
Sedang
|
75
|
44,1
|
3.
|
Rendah)
|
73
|
42,9
|
|
Jumlah
|
170
|
100
|
Ketujuh;
Kemampuan penalaran
NO
|
Tingkat Penalaran
|
Frekwensi
|
Prosentase
|
1.
|
Tinggi
|
19
|
11,2
|
2.
|
Sedang
|
106
|
62,4
|
3.
|
Rendah)
|
45
|
26,5
|
|
Jumlah
|
170
|
100
|
Kedelapan; kemampuan scholastik adalah kemampuan dalam
menyelesaikan tugas-tugas sekolah
NO
|
Tingkat Scholastik
|
Frekwensi
|
Prosentase
|
1.
|
Tinggi
|
10
|
5,9
|
2.
|
Sedang
|
102
|
60,0
|
3.
|
Rendah)
|
68
|
34,1
|
|
Jumlah
|
170
|
100
|
Dari hasil tes tersebut diatas dapat dicermati
bahwa dari kedelapan kemampuan psikologis siswa yang menunjukkan kemampun
tinggi dibawah 10 % dari 170 siswa,
bahkan ada yang mengejutkan ada 3 siswa yang mengalami lambat belajar.
Sebagaian besar pada kategori sedang dan selebihnya pada kategori rendah.
Berdasarkan hasil tes psikologi terhadap seluruh
siswa kelas VII maka dapat direkomendasikan beberapa hal sebagai berikut :
1. Potensi psikologis siswa sangat perlu
ditingkatkan .
2. Perlunya lingkungan belajar yang dapat
memotivasi siswa
3. Perlunya peningkatan kualitas karakter siswa
4. Perlunya meningkatkan kesadaran siswa untuk
berprestasi
5. Perlunya dukungan semua pihak agar siswa dapat
berprestasi
Mari berbenah guna mencapai perkembangan positif,
syukur jika diikuti langkah kongkrit melalui daya upaya di sekolah, di rumah
dan di masyarakat. Terutama bagi siswa kelas VII, apapun hasil tes psikologis
hendaknya dijadikan momentum untuk meningkatkan kualitas diri menggapai
prestasi di bumi SMP Negeri 1 Siman yang kita cintai. Semoga!
Referensi
Hasil
Tes Psikologi kelas VII SMP N 1 Siman Ponorogo tahun 2012.
Artikel
SAMPAH
DAN MANFAATNYA
Oleh Mei Melinda Kelas VIII F
Sampah sampai saat ini dianggap
sebagai barang yang tidak dapat lagi dimanfaatkan, sehingga harus dibuang atau
disingkirkan jauh -jauh dari lingkungan manusia. Bila kita mau menyadari,
sebenarnya sampah terjadi semenjak manusia menggunakan barang-barang untuk
mencukupi kebutuhan hidupnya, seperti makan, tempat tinggal, pakaian, serta
kebutuhan lainnya.
Pada saat jumlah manusia masih
relatif sedikit dan kebutuhan hidupnya belum meningkat, maka sampah yang
dibuang juga masih terbatas, baik jumlah maupun jenisnya. Akan tetapi setelah
populasi manusia semakin meningkat, dan kebutuhan hidupnya juga semakin
bertambah, kuantitas dan jenis sampah yang dibuang juga semakin meningkat pula.
Saat sekarang sampah telah menjadi masalah serius bagi setiap perkotaan pada
kota dan kabupaten di Indonesia, terlebih bagi kota yang memiliki tingkat
kepadatan penduduk yang cukup tinggi. Bertumpuknya sampah di tempat pembuangan
sementara mengakibatkan menurunnya sanitasi lingkungan dan estetika kota,
sehingga menimbulkan gangguan bagi warga kota.
Luas daratan yang terbatas akan
semakin sempit dengan meluasnya timbunan sampah padat yang dihasilkan oleh warga
kota. Bertambah luasnya tempat pembuangan akhir (TPA) akan mengurangi luas
daratan yang dapat dimanfaatkan untuk daerah pemukiman, daerah industri, daerah
pertanian dan lain-lainnya. Mengingat kondisi seperti ini, maka perlu pemikiran
lebih lanjut bagaimana mengurangi jumlah sampah dengan memanfaatkan kembali
limbah padat ini untuk kepentingan manusia melalui proses daur ulang limbah
padat, sekaligus sebagai usaha untuk mengurangi pencemaran daratan. Pemanfaatan
kembali limbah padat atau sampah ini ternyata banyak memberikan keuntungan bagi
kehidupan manusia. Sampah yang semula tidak berharga, setelah diolah dapat
dimanfaatkan kembali melalui proses daur ulang, menjadi bernilai ekonomis.
Salah satu sampah yang paling banyak digunakan manusia adalah plastik merupakan sampah yang paling
banyak dibuang oleh manusia karena banyak orang yang menggunakan plastik untuk
keperluannya sehari-hari entah itu perorangan, toko, maupun perusahaan besar.
Misalnya, berbelanja pasti akan membutuhkan plastik untuk membawa barang
belanjaan, jika plastik itu sudah tak terpakai apakah plastik itu akan
disimpan? Tidak kan. Apa yang mereka lakukan? membuang dan membakar itulah yang
mereka lakukan.
Pembuangan sampah-sampah plastik kedalam air dan
tanah telah menambah tingkat kesengsaraan alam. Mengapa demikian? Sampah
plastik terbuat dari bahan anorganik. Bahan-bahan anorganiktersebut sangat
sulit dan tidak mungkin diuraikan oleh bakteri pengurai. Apabila ditimbun dalam
tanah untuk menguraikannya butuh waktu berjuta-juta tahun. Dan apabila
dibakar hanya akan menjadi gumpalan dan butuh waktu lama untuk mengurainya. Dan
apakah kalian tahu akibatnya jika sampah plastik itu terlalu lama tertimbun
dalam tanah dan tertumpuk? Satu, terjadi pemanasan global yang berdampak pada
kehidupan manusia itu sendiri. Dua berdampak pada hewan laut yang menelan
sampah plastik yang terbawa ke laut,dll.
Coba bayangkan jika kita sehari saja tidak memakai
plastik, pasti sulit bukan. Contoh:
1. Membawa barang belanjaan tadi.
2. Para pembuat plastik pasti rugi.
3. Tidak ada alternatif lain untuk membawa sesuatu.
Di negara Indonesia masih bergantung pada plastik lain halnya dengan negara
jepang yang sudah sadar akan bahaya plastik dan beralih pada kertas yang tidak
mudah sobek, serta dapat diolah dengan mudah.
Pada akhirnya daur ulang sampah plastiklah yang
harus kita lakukan. Tidak hanya menyelamatkan lingkungan dari pemanasan global,
tetapi juga dapat mendatangkan keuntungan ekonomi.
Pemikiran untuk
mendaur ulang sampah plastik bermula dari menipisnya persediaan minyak bumi
sebagai penghasil naphta. Selama ini naphta merupakan bahan baku utama dalam
industry plastik. Setelah terjadi krisis minyak dunia pada tahun 1973/1974,
para ahli mulai berpikir untuk mencari bahan baku alternative pengganti naphta.
Beberapa bahan yang dicoba antara lain batu bara, kalsium karbid, dan bahan
kimia sintesis lainnya. Karena ternyata biaya produksinya menjadi lebih mahal,
maka kemudian milai dicoba mendaur ulangkan sampah plastik.
Dalam proses
daur ulang sampah plastik tersebut ada yang langsung digunakan sebagai bahan
baku atau bahn pengisi (filler) tanpa pengolahan terlebih dahulu. Ada
yang diolah terlebih dahulu dengan proses tertentu sebelum digunakan dalam
pembuatan plastik. Dengan proses daur ulang ini biaya produksi plastik jadi
lebih murah dibandingkan dengan jika hanya menggunakan bahan baku dari naphta.
Keuntungan lainnya, industry plastik tidak terlalu tergantung pada industry
petrokimia hulu sebagai penghasil naphta.
Latar belakang
lain yang mendesak semakin pentingnya proses daur ulang plastik adalah semakin
meningkatnya penggunaan plastik. Menurut majalah Hidrocarbon Processing
(Desember 1989), sampai tahun 2000 dibakar. Padahal seperti sudah disinggung di
muka, pembakaran bahan plastik, apalagi dalam jumlah yang besar, dapat
menghasilkan bahan-bahan berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup.
Negara-negara
maju umumnya mengolah kembali sampah plastik menjadi barang-barang yang
bermanfaat. Banyak produk-produk yang bisa dibuat denagn bahan campuran dari sampah
plastik dan bahan baku plastik atau hanya dengan bahan dari sampah plastik.
Sebagai contoh, tikar plastik bisa dibuat dengan menggunakan bahan baku 70 %
dari sampah plastik dan 30 % dari bahan plastik.
Melihat
potensi pemanfaatan hasil daur ulang sampah plastik, maka sebenarnya sampah
plastik tidak hanya merupakan sumber masalah, tetapi juga memberikan peluang
bisnis. Sebagai contoh, di bidang pertanian banyak perlengkapan yang bisa
dibuat dengan hasil daur ulang sampah plastik, misalnya mangkuk penampung
lateks untuk perkebunan karet, serat plastik untuk pertanian hidroponik,
kantong plastik untuk penyemaian bibit, tali plastik, dan sebagainya. Bisnis
daur ulang sampah plastik juga akan ikut membuka lapangan kerja baru, karena
untuk pengumpulan plastik, pengolahan sampai pemasarannya memerlukan jaringan
usaha tersendiri dari pemungut (pemulung), pengumpul, industry pengolah sampah
plastik, dan distributor produknya.
Bagi
yang tidak tertarik dengan bisnis sampah plastik, dengan mengetahui potensi
bisnis daur ulang sampah plastik ini diharapkan tidak lagi membuang sampah
plastik secara sembarangan, melainkan mau mengumpulkan dan memberikannya kepada
para pemunut sampah plastik. Sehingga disamping menghindari pencemaran
lingkungan oleh sampah plastik sekaligus juga memberikan rizki bagi orang lain.
Para pemungut
sampah plastik semestinya juga patut dihargai, sebab usaha mereka ikut menjaga
kelestarian lingkungan, meskipun mereka melakukannya semata-mata untuk mencari
nafkah tanpa kesadaran untuk mengatasi maslah lingkungan.
Langkah awal mengolah sampah plastik menjadi kerajinan adalah memisahkan
sampah kering dan sampah basah. Selanjutnya sampah kering seperti bungkus
minuman ringan seperti kopi, susu dan mi instan dibersihkan. Setelah itu plastik-plastik
yang telah dicuci dan dikeringkan kemudian dipotong-potong seperti pola barang
kerajinan yang akan dibuat. Pola dibuat sesuai dengan bentuk barang yang akan
dibuat. Setelah dipotong sesuai dengan pola, langkah selanjutnya adalah
menjahit sesuai dengan pola tersebut. Yang diperlukan adalah ketelatenan
dari penjahit.
Saat ini kerajinan dari sampah plastik telah menjadi produk fashion tersendiri
yang berasal dari barang daur ulang atau bisa disebut trashion. Trashion ini
artinya fashion dari sampah.Dengan menjadi trashion nanti, produk kerajinan
daur ulang sampah kering akan bisa dinikmati tidak saja kalangan masyarakat
menengah ke bawah tapi juga kalangan menengah atas yang biasanya sangat
memperhatikan kualitas produk kerajinan yang akan dibeli. Salah satu
contoh trasion sampah adalah gambar berikut
Dari data diatas dapat kita simpulkan
bahwa sampah plastik dapat merugikan dapat juga menguntungkan. Yang merugikan,
jika kita membuang plastik sembarangan, jika kita membakar sampah plastik
asapnya akan mempengaruhi efek rumah kaca atau Global Warming. Dan yang
menguntungkan, jika kita memiliki kreativitas dalam mengolah sampah plastik
sebaiknya kembangkan, tidak hanya mendatangkan keuntungan kita juga telah
menyelamatkan dunia.
Semoga dengan dibuatnya artikel ini kita bisa menambah wawasan
pengetahuan kita, kita sadar akan bahaya sampah plastik yang dibuang atau
dibakar begitu saja tanpa tahu akibatnya. Kita tahu bahwa plastik bisa
mendatangkan keuntungan lebih. Kita juga tahu bagaimana mendaur ulang smpah
plastik menjadi barang yang bernilai jual.
Iqro’ 19
IPTEK:
Subhanallah. . . , Tahukah Engkau ?
Mengapa Kukumu Tumbuh?
Pada ujung jarimu ada
kuku. Jika kau pegang, kuku terasa keras. Kenapa? Karena kuku terbentuk dari
kulit yang mengandung zat tanduk. Yaitu zat yangterdiri dari zat kapur
(kalsium) dan zat fosfor.
Kuku dibentuk terus menerus di “akar kuku”. Akar kuku
mirip sebuah pabrik. Perlahan-lahan kuku didesak keluar dari akarnya. Tiap 10
hari kukumu bertambah panjang lebih kurang 2 milimeter.
Itulah sebabnya tanpa kau sadari kukumu terus tumbuh
dan bertambah panjang. Kukumu lebih cepat panjang dari kuku ayah, ibu, dan
orang-orang dewasa lainnya. Pada cuaca panas kukumu tumbuh lebih cepat
dibanding cuaca dingin.
|
Taukah engkau apa gunanya kuku?
Kuku berguna untuk melindungi ujung-ujung jarimu. Karena ujung-ujung jarimu
tak bertulang dan sangat lunak. Selain itu kuku juga berguna untuk menggaruk
bagian tubuhmu yang gatal. Tapi ingat jangan keras-keras ya? Nanti kulitmu bisa lecet.
Kuku harus dijaga agar
tetap pendek dan bersih. Karena itu rajin-rajinlah memotong dan membersihkan
kuku-kukumu. Bukankah Rosulullah mengajarkan kita untuk memotong kuku setiap
hari jum’at!
Subhanallah. . . mahasuci Allah yang telah menciptakan
kuku.
Disadur dari Majalah Ummi
Oleh : Bu Giana
|
.
Iqro’ 20
ENGLISH CORNER
..ASSALLAMMUALAIKUM WARROHAMATULLOHI
WABARROHKATUH
One morning Mayda said ,”
Assallammuallaikum Warrohmatullahi Wabbarrohkatuh, Mom. I’ll go to
school This morning I go earllier
because there will be a test and I am on duty. Then her mother answered,”
Wallaikumsallam Warrohmatullohi Wabarrohkatuh.” Be careful sweety and don’t
forget to pray.
From the situation above we
know that then greeting Assllammuallaikum. . . . .can cause a loving
kindness. We can know and feel the deepest attention and tie to emotional
between a mother and her daugher. What are
about you? Have you felt the deepest attention and emotional by saying
grreting?
We always say Assalamu
‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh. everywhere when we meet someone
or a group of people or when we leave the house or
in a meeting ,even when we phone or send massage. Why do we
always say ASSALLAMMAULLAIKUM . . . .
. ?
We know that saying ASSALLAMMUALLAIKUM. . . . .is so
important in our life . Why ? In a Hadist, Abdullah bin Mas’ud shows us that ,“’ Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,” Salam adalah salah atu Asma
Allah yang telah Allah turunkan ke
bumi, maka tebarkanlah salam. Ketika seseorang memberi salam kepada yang
lain, derajadnya ditinggikan dihadapan Allah,”
|
For
example when we leave the house, we don’t know whether we will be safe to arrive at home again. It means that there isn’ a guarantee to someone to be safe when
he steps his feet leave the
house, except from Allah SWT. So with the greeting ASSALLAMMUALLAIKUM . . . .
we ask to Allah SWT to be protected in order to safe.
Although the grreting
ASSALLMMUALLAIKUM. . . . . is burnt into simple, however it is a
charity that has a moral
excellence . Rasullullah mentions as a good
deed that’s the most prime . It’s .spitty that we don’t comprehend
fully .
May Allah bless us and we can
do it wisefully. So we can bring nearer
our selves in family, friends, society each other wishfully in order to have affection or loving kindness.
REFERENCE
:
Ida S Widayanti, Hidayatullah Edisi I /XXIIV/Juni 2011 , Memaknai Salam,
Written by Tricahyani
Karuniawati, S.Pd
|
KAWAN
Oleh : Ismail
Romadhon 9C
Kawan….
Taukah
kamu berapa lama
Masa
yang kita lewati bersama ?
Aku
tak ingin tau
Karena
kamu selamanya bagiku
Bersamamu…
Tangisku
kan terurai menjadi tawa
Dukaku
kan terpecah menjadi bahagia
Dan
air mata yang terlanjur jatuh
Takkan
berubah menjadi nestapa
Denganmu,
kepenatanku tergilas sirna
Terkadang
disatu waktu,
Prasangka
pernah menjauhkanmu dariku
Tapi
sungguh kawan
Amarah
takkan bisa lama bertahan dikalbuku
Ku
sadari aku terikat jauh kedalam hatimu
Ingatlah
kawan,
Kita
pernah duduk bersama
Melukis
langit dengan impian
Tentang
aku, kamu, dan kehidupan
|
Persahabatan
Teman adalah kaki,..
Teman adalah tangan,..
Teman adalah mata,..
Jika tangan sakit kaki pun
sakit
Sahabat adalah hati dan otak,..
Maka,, jagalah hati dan
pikiran
Hati itu adalah Raja,...
Sedangkan anggota tubuh
adalah pasukannya
Jika rajanya baik,
maka baik pula pasukannya
Tapi,..
Jika rajanya jahat,
maka jahat pulapasukannya.
Persahabatan itu adalah
satu janji dalam hati,..
Tak bisa ditulis dan tak
bisa dibaca
Tak akan terpisah karena
jarak,..
Tak akan berubah karena
masa,..
Dan tak akan pernah pula
sirna karena amarah,..
Sedetik dimata
Selamanya dihati
|
Iqro’
22
Pantun Jenaka
Pak Agus lagi menghayal
Menghayal di tepi pantai
Banyak orang terpingkal-pingkal
Melihat banci kecebur kali
Pantun
Nasehat
Gado-gado di kasih lontong
Gado-gado enak rasanya
Janganlah kita suka
berbohong
Kalau ingin banyak
temannya
Pantun
Nasehat
Jangan suka makan
mentimun
Lebih baik makan
jajan pasar
Janganlah suka diam
melamun
Lebih baik kita
belajar
Pantun
Nasehat
Dulu kita dijajah
Portugis
Menguasai tanah air
kita
Tapi kita takkan
menangis
Indonesia bangsa
merdeka
By Dian P 7F
|
Pantun
Nasehat
Perahu badik itu merapat
Para nelayan mengejar tuna
Belajarlah dengan giat
Agar menjadi orang berguna
Pantun
Nasehat
Hutan rimba sangatlah gersang
Di sana sini berhamburan sampah
Selagi diberi umur panjang
Rajin-rajinlah beribadah
Pantun
Nasehat
Ada gadis yang cantik jelita
Daun kering berguguran
Hei anak muda raihlah cita-cita
Janganlah kau suka berpacaran
Pantun
Jenaka
Anak itu sangatlah berani
Lihat orang menari jaipong
Tertawa terbahak-bahak hati ini
Melihat nenek bergigi ompong
By Kristiana Wulantika 7G
|
||
Iqro’
23
CERPEN:
ix-c yang clalu jail
BY : EMA DESTIANA IX – C
Bel berbunyi ,
tanda masuk jam pelajaran pertama waktunya dimulai. Pelajaran pertama dilekas
IX – C adalah matematika.Sebelum Bpk Anwar Buchori selaku guru pelajaran matematika masuk kelas IX-C ,anak – anak
mulai berulah .Kelas IX-C terkenal kelas sangat jail.
Kebetulan di
tangan ku ini sedang memegang gunting. Ketika Andri melihat gunting itu langsung direbutnya. Andri adalah biang
kerok IX-C .
“Woyyyyyy……pinjam
bentar “teriak Andri seraya berlari meninggalkan aku.“Pasti hilang entar
,kalau kamu yang pegang “ teriak ku membalas teriakan Andri. Andri ternyata
menemui anak – anak yang sedang asik menyanyi – nyanyi.Tangan Andri masih
belum bisa diam .Apa saja yang dia liat pasti di guntingi. Kebetulan
disamping andri ada alam yang sedang main gitar . Dengan sengaja Andri
mengguntig rambut Alam membentuk garis hingga menyerupai jalan raya .
“Apa – apaan
,nih “bentak Alam . “Gaul …..brooo”ejek Andri.Setelah berfikir – fikir justru
Alam senang dengan gaya rambutnya. “ Boleh juga ……
|
Kalau gini
enggak ver brooo kamu juga donk brooo” tantang Alam pada Andri.“ Oceeee nie
tolong guntingin” jawab Andri. Setelah Alam menggunting rambut andri mereka
mempunyai ide. Mereka akan menggunting rambut semua cowok IX-C .Andri yang
menggunting dan Alam yang memegang orangnya.Satu persatu anak digunting
rambutnya oleh Andri.
Setelah Bpk
Anwar masuk kelas semua langsung bergegas ke tempat duduk masing – masing .
Ternyata bpk Anwar mengetahui salah satu anak yang rambutnya di buat gari –
garis . Satu kena , kena semua . Semua anak yang rambutnya dibuat garis
langsung di gunting rambutnya oleh pak anwar dan menyuruh untuk menghilangan
garis itu .Bagaimana caranya.
Semua yang
terjadi pagi ini adalah gara – gara gunting yang aku bawa tadi.
“GUNTING
……..GUNTING……….”ujar ku dalam hati.
END
|
||
Iqro’ 24
CINTAKU TAK DIRESTUI BUNDA
Oleh : Nado Amanda Rohman VII E
Ketika malam tiba, malampun heningkan seketika.Akupun
menutup mata dan pergi ke mimpi yang indah.Dan tak terasa lamanya, satu jam
sudah aku tidur.Aku mendengar bunda ngomel-ngomel, entah ngomelin siapa, aku
juga tidak tahu. Akupun segera membuka pintu kamarku, dan ternyata bunda
mengomel sama orang yang ada di HP bunda. Aku
|
segera mendengarkan bunda
berbicara dan yang ditelepon bunda itu adalah Dita. Bunda, mengertilah
perasaanku dengan Dia, “batinku”
Akhirnya
menutup telephone dari Dita.Dan seketika itu HPku berbunyi dan ternyata
adalah Dita. Dalam SMS itu Dita ingin ketemu di taman alun-alun. Kusegerakan
ganti baju langsung ke taman alun-alun. Dan ternya Dita sudah menunggu, dan
akupun langsung menyapa: Sudah lama sayang, “kataku”. Barusan saja kok To, “
kata Dita”. Oh ya ada apa saying, kok kayaknya penting banget, “kataku”. Dita
menjawab sambil meneteskan air mata.“ tadi bunda telephone aku, kata bunda
aku suruh jauhin kamu. Kata bundamu aku tidak cocok sama kamu. Kata bundamu
aku dari keluarga yang sangat rendah dibandingkan keluargamu yang sangat
terhormat. Untuk apa kita berpacaran bila batin kita terus disiksa oleh orang
tua kita masing-masing. Mulai saat ini dan detik ini juga tolong kamu putusin
aku.Akupun diam, membisu mulutku, terkunci seketika. Dita bilang kepadaku, “
Sayang , kalau memang sudah takdir kita sampai disini saja”. Dan tiba-tiba
mulutkuy berbicara: “ Ya udah sayang, tapi kamu
mau menjadi sahabatku, bila kita sudah tak jodoh lagi?”. Dita menjawab : “
Ya, hari ini kenangan, biarpun harus terpisahkan”.
Kamipun berpisah secara baik-baik bak layaknya
sahabat.Akupun mantap untuk mentaati nasehat ibuku karena surge di bawah
telapak kaki ibu. Dan setelah kupikir memang aku belum waktunya untuk pacaran.
Persahabatan itu lebih indah dari percintaan. Good bye cintaku, good bye
kekasihku. Kuselalu tersenyum menatap masa
depan.
|
Teka teki ria
( Suwarto, S.Pd)
Tts ria 6
1
|
|
2
|
6
|
|
3
|
|
4
|
|
|
5
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
8
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
18
|
|
19
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
Iqro’
26
TTL : PONOROGO ,
13 FEBRUARI
1997
ALAMAT : BRAHU KEC.SIMAN
PONOROGO
Lomba yang pernah kuikuti diantaranya:
~ lomba PMR di Muhipo
~ lomba IPS di SMPN 5 tingkat SMP/ MTS
~SAC IPS di MAN 2 tingkat SMP/ MTS (juara 2)
~Lomba geguritan di pendopo Kabupaten Ponorogo
Diantara semua lomba yang kuikuti, ada yang mendapat
juara, ada yang tidak. Banyak pengalaman yang
bisa aku dapatkan dan sangat berharga dari peserta lain maupun pengalaman
tampil di depan umum.
Aku bercita-cita menjadi seorang programer yang dikenal
oleh semua gamer di dunia. Aku juga punya hoby bermain game digital dan
lain-lain.
|
Pesan: jangan pernah mundur,
yakinlah
dengan tujuan dan impianmu
jangan biarkan orang lain
merusaknya
Kesan : selama sekolah di SMPN 1
SIMAN :
mendapat banyak
pengalaman , dan keluarga yang
baik…..
Motto:
·
Optimis adalah orang yang mampu melihat kesempatan
dalam kesempitan.
·
Pesimis adalah melihat kesempitan dalam tiap
kesempatan.
Ivan Sulistyo dan Andi
Ragil bersama para juara SAC IPS di MAN 2 Ponorogo.
|
Mendatar
1.Akomodasi dengan bantuan fihak ke tiga yang
kedudukanya lebih tinggi.
5.
Lembaga yang membantu Presiden sebelum terbentuk DPR.
7. Organisasi masa keagamaan di Indonesia.
8.
Pendiri Kerajaan Singasari.
9. Alat
tulis Kantor.
13. Model/ Gaya / cara.
14
Perdana Menteri Jepang yang memberikan Janji kemerdekaan.
15.
Tanduk ( bhs. Jawa ).
16 Tindakan Daendels yang menyengsarakan rakyat
Indonesia. 18 Negara kita pada tahun
1949. 20. Garis-garis yang menghubungkan tempat-tempat dengan
ketinggian sama.
22.
Sebutan Orang tua kita.
23. Dibalik
Perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya.
24. Unsur
peta untuk memudahkan mencari kota, Gunung, Danau dll.
25. Salah
satu simbol peta.
26. Upaya
pencegahan sebelum terjadinya penyimpangan sosial ( ditambah F ).
|
Menurun
1.
Kumpulan peta yang dijilid dalam bentuk buku.
2.
Salah satu lembaga Keuangan. 3.
Pulau / Kepulauan di Jawa Timur.
4. Pertunjukkan ( B. Inggris )
5. Sanksi / hukuman dalam agama Hindu –
Budha bagi yang berbuat dosa.
6.
Tindakan meniru sikap, Tindakan, penampilan orang lain. 7. Prasati yang isinya raja memerintahkan
penggalian saluran air Sungai Gomati untuk mengairi sawah dan mengendalikan
banjir. 9. Ketua BPUPKI. ( Nama depan ) 12. Naskah Proklamasi yang berbentuk
konsep/ tulisan tangan. 14. Salah
satu jenis Kredit Usaha. 15. Pendiri
dinasti Mataram lama / Hindu .
17.
Yang berhasil disusun BPUPKI dalam Sidang ke II ( 10 – 17 Juli 1945 ).
19. Penjualan / menjual ( B. Inggris )
21. Kerajaan Hindu tertua di Indonesia.
22. Binatang yang hidup di air. 24. Sarana /media penyebarluasan berita proklamasi Kemerdekaan
( Dibalik ).
|
Iqro’
27
Profil Temanku
Iqro’ 28
Nama : Yuana Kartika Devi TTL : Ponorogo, 6 Juni 1997
Alamat : JI.Nakula, Ds.Pijeran,
Siman, Ponorogo
Hobby : Olahraga
1. Liga Atletik, tolak
peluru putri, juara1 th. 2012
2. Liga Atletik, tolak
peluru putri juara 2 th. 2013
3. Liga Atletik, lempar
cakram putri juara 1 th. 2013
4. Lomba di POPDA th.2012
Meskipun dalam mengikuti
POPDA aku tidak menang ,namun itu adalah pengalaman yang penting untukku
,dengan adanya kekalahan aku bisa memotivasi diriku sendiri untuk selalu
berusaha dan berdoa.
Aku suka sekali melakukan hal-hal yang menarik.
Aku juga menyukai teman-teman yang baik dan pengertian padaku.
|
Cita-citaku ingin menjadi orang yang
sukses, membahagiakan orang tua, serta ingin menjadi dokter.
Pesan /Motto:
* Doamu adalah
harapan serta usaha yang harus dilakukan dengan sabar dan iklas.
*Pantang menyerah! jangan malas karena malas
adalah penyakit.
*Rajin-rajinlah
belajar agar hari esokmu cerah.
*Kegagalan awal
kesuksesan.
Aku dilahirkan oleh seorang ibu bernama
Turiani dan ayahku bernama Mujikan beliau bekerja sebagai wiraswasta sedang
ibuku ke luar negeri dan aku anak tunggal sehingga sebagai tumpuan kasih
sayang dan aku selalu dimanja. Meski begitu aku punya komitmen bukan menjadi
anak manja tetapi jadi anak yang selalu membanggakan orang tuaku dan berusah
menjadi anak yang berprestasi .
Riski Ajeg, Tiur dan Yuana ketika
menerima hadiah dari Pak Agus.
|
FIGUR
Drs.
Hadi Suminto, M.Pd
KEPALA SEKOLAH
SMPN 1 KECAMATAN SIMAN
Sebagaimana anak desa pada umumnya, Hadi kecil juga sama
seperti anak desa lainnya, pagi sekolah, sepulang sekolah mengerjakan pekerjaan
rumah untuk membantu neneknya. Bahkan juga mencari rumput untuk
ternaknya. Hal itu justru menempa Hadi kecil untuk biasa belajar mandiri dan
makin menguatkan tekadnya untuk meraih cita-cita.
Setelah dewasa, beliau
beristerikan seorang gadis dari wilayah Ponorogo selatan ( tepatnya desa Bungkal) bernama Yuni Subariyani. Dari pernikahan beliau mempunyai dua orang putri, si sulung bernama
Bella Anindita Apsari lahir di Ponorogo, tanggal 20 Agustus 1993 dan sekarang
sedang menempuh pendidikan di UNIBRAW sedangkan yang kedua bernama Cynantyan
Abelia Apsari lahir di Ponorogo, pada tanggal 4 Juni 2007 dan bersekolah di
Pesantren Anak Sholeh (PAS) AR ROHIM.
Hoby :
- Membaca buku dan wisata kuliner
Semboyan
Hidup : - Hidup adalah pilihan
sehingga harus berani
menanggung resiko atas pilihannya.
Pendidikan :
- SDN 1 Prayungan,Sawoo th.1977
- SMPN 4 vilial Sambit th.1981
- SMAN 1 Ponorogo th.1984
- IKIP Negeri Surabaya (S1) th.1988
- Universitas Kanjuruan Malang (S2) th.2008
Karier : - Menjadi PNS Guru th.1989
- Menjadi Kepala Sekolah SMPN1 Ngebel th.2007
- Menjadi Kepala Sekolah SMPN1 Ngrayun th.2010
dan
PLH SMPN1Ngebel
- Menjadi Kepala Sekolah SMPN 1 Siman th.2012
Kesan beliau terhadap SMPN1
Siman
-
Seperti rumah sendiri
-
Merupakan lembaga yang membesarkan namanya
-
SMPN1 Siman sekolah pinggiran kota tetapi mampu
mencetak orang- orang besar
Bapak Kepala Sekolah saat
memberikan ucapan selamat kepada para juara
|
Perjalanan
Yang berkesan sejak kecil sampai dewasa ;
-
Tidak semua cita-cita mudah tercapai perlu
pengorbanan waktu dan tenaga dan berani
berubah.
-
Keberhasilan mengingatkan kita suatu
kegagalan sehingga tidak menjadi sombong .
-
Kesehatan
merupakan anugrah yang sangat mahal dan terbesar dari Alloh, karena itu
manfaatkan sebaik-baiknya.
Komitmen
untuk SMPN1 Siman ;
-
Mari kita bangun ketertiban demi kesuksesan
SMPN1 Siman
Pesan beliau kepada pembaca ;
-
Jadilah
seseorang yang satu tingkat lebih baik dari orang tua kita
By: Tiyah Suciati,
M.Pd
Keluarga
Besar
SMPN
1 Kec. Siman
Mengucapkan
selamat kepada:
.
1. Juara Penulisan Laporan Studytour
a.
Juara
I : Nur Kholifah dkk,
Kel 2 klas 8E
b.
Juara
II : Devita Ayu Haslinda dkk,
Kel 4 Klas 8G
c.
Juara
III : Husna Nilasari dkk,
Kel 6 Klas 8C.
d.
Harapan I :
Putri Kartini dkk, Kel 2 Klas 8A
e.
Harapan
II : Hadi Setyantoro dkk, Kel 6
Klas 8F
f.
Harapan
III : Dhina Difi A dkk, Kel 1
Klas 8B.
2. Juara Lomba Science Art Competition di
MAN 2 Ponorogo
a.
Ivan
Sulistyo Pribadi (9B) : Juara 2 SAC IPS
b.
Ragil
Andi Wicaksono (9F) : Juara 3
SAC IPS
c.
Jodi,
Wafa, Sindy, Ariyanti, Ayu, Elga, Dina: Hrp 2 Musikalisasi Puisi
3. Liga Atletik tingkat Kabupaten
a.
Yuana
Kartika D (9B) : Juara I Lempar Cakram Putri
b.
Jodi
Priangga R (9C) : Juara II Lempar
Cakram Putra
c.
Rizky
Ajeg D (9D) : Juara II Lari 1500 m
d.
M.
Linton SB (7F) : juara II Tolak Peluru Putra
e.
Desi
Lailatu R (9G) : Juara II Lompat
Jauh
4.
Liga
Basket:
Tim Basket
Putra : Juara III
Kepala Sekolah,
Ttd
Drs.
Hadi Suminto, M.Pd
NIP.1963l l26 198903 l 009
Iqro’ 32
Tidak ada komentar:
Posting Komentar